fbpx

Guidelines anjuran masker dalam konteks Covid-19

12 Feb 2021 | Artikel

Organisasi Kesehatan Duni (WHO) menyampaikan anjuran mengenai penggunaan masker di tengah masyarakat, selama perawatan di rumah (home care), dan di tempat pelayanan kesehatan di wilayah-wilayah yang telah melaporkan kasus COVID-19, Anjuran yang di berikan oleh WHO ini diperuntukkan bagi masyarakat, tenaga professional kesehatan masyarakat serta yang lain nya.

Penggunaan masker medis adalah salah satu langkah pencegahan yang dapat membatasi penyabaran penyakit-penyakit saluran pernapasan tertentu yang diakibatkan oleh virus, termasuk COVID-19. Namun, penggunaan masker saja tidak cukup memberikan tingkat perlindungan yang memadai, dan harus dilakukan juga langkah lain.

WHO menegaskan, masker harus dipakai di tempat-tempat di mana virus tersebar luas, saat ini ada lima tipe dan klasifikasi masker yang perlu diketahui oleh masyarakat umum

1. Masker Kain

Masker kain dapat digunakan untuk mencegah penularan dan masker kain memiliki 3 lapisan yaitu Non-Anyaman Tahan Air (depan), Microfibre melt-blown kain non-anyaman (tengah), dan Kain biasa non-tenunan (belakang).

2. Masker Bedah 2 Ply

Masker bedah 2 ply alias urgical mask 2 ply ini terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan luar dan lapisan dalam tanpa lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter, masker ini hanya direkomendasikan untuk pemakaian masyarakat sehari-hari yang tidak menunjukan gejala flu atau influenza.

3. Masker Bedah 3 Ply

Masker beda memiliki tiga lapisan (layers) yaitu lapisan luar kain tanpa anyaman kedap air. Lapisan dalam yang merupakan filter densitas. Karena memiliki lapisan filter ini, masker bedah efektif untuk menyaring droplet yang keluar.

4. Masker N95

Masker N95 adalah masker yang lazim dibicarakan dan merupakan kelompok masker Filtering Facepiece Respirator (FFR). Masker ini memiliki kelebihan tidak hanya melindungi dari paparan cairan dengan ukuran droplet, tapi juga cairan berukuran aerosol. Masker ini memiliki face seal fit yang ketat sehingga pemakai terhindar dari paparan aerosol.

5. Reusable Facepiece Respirator

Tipe masker ini memiliki keefektifan filter lebih tinggi dibanding N95, karena memiliki kemampuan filter lebih tinggi dibanding N95. Tipe masker ini dapat juga menyaring hingga bentuk gas. Tipe ini direkomendasikan dan lazim digunakan untuk pekerjaan yang memiliki risiko tinggi terpapar gas-gas.

Artikel Terkait