fbpx

WHO Sebut Ada 7 hingga 8 Vaksin Potensial untuk Virus Corona

13 May 2020 | Artikel

KOMPAS.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa ada sekitar 7 atau 8 kandidat “top” atau teratas vaksin untuk melawan virus corona. Menurut WHO, upaya pengembangan terhadap vaksin-vaksin ini tengah dipercepat. Dalam sebuah video briefing kepada UN Economic and Social Council, Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus mengatakan bahwa upaya penemuan vaksin ini telah dibantu dengan dana sebesar 7,4 miliar euro atau sekitar 8 miliar dollar AS. Dana ini dijanjikan seminggu yang lalu oleh para pemimpin dari 40 negara, organisasi dan bank penelitian, perawatan dan pengujian. Namun, ia menambahkan bahwa ada lebih bayak dana yang akan dibutuhkan dalam pengembangan ini. 

“Kami memiliki kandidat (vaksin) yang bagus sekarang. Yang teratas sekitar 7,8. Namun, kami memiliki total lebih dari 100 kandidat,” kata Tedros sebagaimana dikutip Al Jazeera, Selasa (12/5/2020). Tedros mengungkapkan bahwa saat ini WHO tengah fokus pada pengembangan sejumlah kecil kandidat vaksin ini dengan pertimbangan kemungkinan hasil yang lebih baik dan mempercepat kandidat-kandidat yang memiliki potensi yang lebih baik. Akan tetapi, ia tidak merinci vaksin-vaksin apa saja yang disebut sebagai 7 atau 8 vaksin teratas yang akan dipercepat pengembangannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “WHO Sebut Ada 7 hingga 8 Vaksin Potensial untuk Virus Corona”, https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/12/163900865/who-sebut-ada-7-hingga-8-vaksin-potensial-untuk-virus-corona.
Penulis : Vina Fadhrotul Mukaromah
Editor : Virdita Rizki Ratriani

Artikel Terkait